Selasa, 04 Februari 2014

Manfaat yang tersembunyi Wortel



Manfaat wortel selama ini oleh masyarakat hanya diketahui untuk kesehatan mata serta kesuburan saja. Namun ternyata wortel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Salah satunya adalah menjaga kesehatan hati atau lever.

Wortel ternyata memiliki kemampuan untuk detox membersihkan liver. Sayuran berwarna orangecerah ini diketahui bisa mengeluarkan timbunan lemak dalam lever dan membuat lever kembali bersih.

Nah berikut merupakan manfaat lain dari wortel untuk kesehatan kita.

1. Menunda penuaan
Wortel adalah salah satu sayur yang kaya antioksidan. Selain itu, wortel juga mengandung banyak beta karoten yang ampuh melawan radikal bebas. Dengan begitu, wortel bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit dan menunda proses penuaan.

2. Menangkal penyakit jantung
Wortel mengandung betmanfaat wortela karoten dan alfa karoten, serta lutein yang ampuh melawan kolesterol. Tak hanya itu, wortel juga mengandung banyak serat dan bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat. Jadi, sayuran ini bisa membantu mengurangi timbunan kolesterol pada pembuluh darah serta menyehatkan jantung.

3. Kesehatan gigi
Konsumsi wortel bisa meningkatkan kesehatan gigi dan membersihkan plak. Menggigit wortel akan meningkatkan produksi air liur sehingga bisa menyeimbangkan tingkat asam dan pH dalam mulut. Dengan begitu, bakteri tak akan mudah muncul dan berkembang dalam mulut.

4. Mencegah infeksi
Wortel mentah atau wortel yang dikukus bisa digunakan untuk membersihkan luka. Caranya, cukup berikan irisan wortel, baik yang mentah atau dikukus, pada luka untuk mencegah infeksi. Cara kerja wortel dalam hal ini sama dengan anti-septik.

Pastikan ketika memilih wortel, pilih yg masih segar ,berkulit halus dan berwarna orange cerah. Dengan demikian ,manfaat wortel yg anda peroleh pun semakin optimal. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar