Jumat, 02 Mei 2014

Manfaat Buah Apel yang menyehatkan

Kebanyakan orang jika ingin memakan apel terlebih dahulu dikupas dan dibuang kulitnya, padahal menurut kesehatan kulit apel memiliki manfaat buah yang lebih tinggi daripada daging buahnya. Alangkah baiknya jika ingin makan apel, kulit apel juga ikut dimakan. Apabila takut kurang bersih atau tercemar zat yang berbahaya pada kulit apel, sebaiknya cuci buah apel terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Makan apel beserta kulitnya memang dianjurkan, karena menurut Nova Scotia Agricultural College, Kanada menemukan bahwa di dalam kulit apel mengandung senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh kita terutama mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi apabila dikonsumsi secara rutin.

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat buah apel jika dikonsumsi beserta kulitnya telah disampaikan di bawah ini.
Dan senyawa antioksidan yang ada di dalam kulit apel ini dinamakan flavonoid, yang memiliki manfaat jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kandungan senyawa pada the hijau maupun blueberry. Kulit apel juga memiliki khasiat menghambat kerja enzim yang bernama enzim ACE, enzim ini jika sedang aktif akan meningkatkan tekanan darah.

Nutrisi yang dikandung buah apel memang cukup banyak serta seratnya yang tinggi sangat baik untuk proses pencernaan. Khasiat serat yang dihasilkan dapat menyerap kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh serta menjaga selaput lendir usus agar terhindar dari paparan racun kimia yang bisa mengakibatkan kanker.

Untuk kadar kalorinya cukup rendah yakni per 100 gram apel cuma terdapat 50 kalori. Beberapa antioksidan yang dapat ditemukan di dalam apel antara lain, quercetin, epikatekin dan procyanidin B2, selain itu buah apel juga banyak mengandung vitamin C, B kompleks, beta-karoten, kalium serta kandungan gizi yang lainnya.

Dianjurkan mengkonsumsi buah apel beserta kulitnya kurang lebihnya sehari satu buah, untuk mendapatkan beragam manfaat serta nutrisi yang terkandung di dalamnya terutama bagi anda yang ingin mencegah datangnya penyakit hipertensi.


Posted via Blogaway

0 komentar:

Posting Komentar