Selasa, 12 Agustus 2014

Srikaya yang kaya khasiat

Srikaya di beberapa tempat juga dikenal sebagai sebagai si buah Nona. Nama latinnya Annona squamosa L. Tentang asal usul “Srikaya” saya belum tahu persis darimana nama itu diderivasi. Apa karena pemilik awalnya dulu bernama Sri dan Kaya raya? Wallahu a’lam. Yang jelas, konon asal muasal tanaman ini berasal dari Hindia Barat. Ia akan berbuah setelah berusia 3 – 5 tahun. Lama sekali ya? Kalau baru sekarang mau nanam berarti tahun 2016 nanti baru bisa menikmati rasa buahnya yang manis biarpun mulut dan lidah sibuk memilah milih daging buah dengan bijinya yang berbentuk lonjong dan berwarna hitam itu.

Banyak biji, banyak rezeki, banyak vitamin

Buah srikaya memang banyak biji. Banyaknya biji dalam satu buah ternyata memiliki arti sendiri bagi masayarakat Tionghoa yang meyakininya, srikaya yang berbiji banyak akan mendatangkan rezeki yang tidak sedikit pula. Oleh karena itu, ia menjadi buah wajib dalam perayaan imlek. Buah yang juga dinamakan custard apel atau sugar apple oleh para pelaut Inggris ini, dan Sarikaya oleh masyarakat Malaysia selain bermanfaat bagi kesehatan juga bermanfaat bagi kecantikan.

Kandungan Daging Buah yang Berkhasiat
Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA) mensinyalir beberapa kandungan daging buah srikaya, yakni vitamin C, serat, vitamin B6, kalium (K), tiamin, riboflavin, magnesium, niasin, tembaga, asam folat, yang masing-masing bermanfaat bagi ketahanan tubuh, yakni:

Vitamin C bermanfaat untuk menjaga ketahanan tubuh;
serat bermanfaat untuk mengontrol kadar glukosa (gula) darah;
vitamin B6 bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung;
kalium, bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah;
tiamin, bermanfaat untuk membantu produksi energi;
riboflavin, berfungsi untuk memelihara cadangan vitamin B lain dalam tubuh yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi-fungsi tubuh lain;
magnesium, berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, otot, fungsi saraf
niasin, berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat;
tembaga, bermanfaat untuk menjaga kesehatan tiroit;
asam folat, bermanfaat untuk membantu mencegah cacat pada tabung saraf bayi.

Banyak sekali manfaatnya

Menuai Manfaat Tumbuhan Srikaya yang Kaya
Tumbuhan srikaya ternyata menyimpan banyak manfaat. Dari tumbuhan ini kita dapat menuai manfaatnya bagi kesehatan. Silahkan simak manfaat Srikaya yang kaya, mulai dari akar, daun, buah, dan bijinya.

Si akar srikaya ternyata dapat dimanfaatkan sebagai antiradang dan antidepresi lho... Rasanya pahit, sepat, sifatnya dingin. Akarnya juga digunakan sebagai obat sembelit, nyeri tulang punggung.

Daunnya (jika direbus rasanya pahit dan sepat) bermanfaat untuk mengatasi batuk, demam, rematik, menurunkan derita sakit oleh karena asam urat, mengatasi diare, disentri, membasmi kutu rambut, jika dilumat (ditumbuk) dapat dimanfaatkan untuk membantu mengobati borok (bisul), eksim, kudis.

Bijinya digunakan orang untuk mengatasi pencernaan lemah, cacingan dan menendang habis kutu rambut yang suka bikin kalut. Buah mudanya suka dimanfaatkan orang untuk mengatasi diare.


Posted via Blogaway

0 komentar:

Posting Komentar