Minggu, 20 April 2014

Manfaat dari buah abiu

Tidak banyak yang mengenal buah abiu, khususnya di Indonesia. Buah abiu merupakan sejenis sawo segar yang berasal dari Australia dan dikenal karena memiliki rasa yang aneh dan tidak biasa. Selain itu juga, bentuk buah abiu juga tidak menyerupai sawo seperti pada umumnya, meskipun pohon abiu ini memiliki karakter yang mirip sekali dengan kerabat sawo-sawoan pada umumnya. Buahnya sendiri berbentuk lonjong sampai membulat dengan ukurang panjang 6-12 cm dan bobot biasnaya adalah seberat 150 sampai 500 gram untuk satu buah ini.

Maka dari itu, karena selama ini buah abiu ini banyak dibudidayakan di Australia saja, maka tumbuhan yang termasuk dalam spesies Puteria Caimito dan keluarga Sapotaceae ini lebih dikenal dengan sebutan sawo Australia, walaupun menurut penelusuran, kampung halaman asli dari buah abiu ini adalah daerah sekitar Amazon, daerah dataran rendah Peru dan beberapa wilayah di Brazil.

Buah ini memiliki karakteristik yang unik, yaitu termasuk dalam tumbuhan adaptif di iklim tropis dan subtropis  dan dapat tumbuh subur mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi diberbagai negara atau wilayah. Keistimewaan buah abiu yang paling utama dibanding anggota keluarga Sapotaceae lainnya adalah cepat berbuah dan lebih cepat memasuki masa panen. Biasanya pada umur 2 tahun tanaman asal biji ini mulai berbunga dan dua bulan kemudian bunga dari buah abiu ini menjadi buah berwarna hijau dan berangsur menjadi kuning cerah ketika sudah masak atau siap panen.

Untuk dagingnya sendiri, buah abiu ini memiliki daging berwarna putih bening dengan rasa khas manis legit dan sangat segar. Sebagian orang ada yang menggambarkan rasa buah abiu ini seperti rasa kelapa muda, akan tetapi sebagian orang lagi ada yang menyamakan rasa buah abiu ini dengan paduan antara susu dan karamel lezat. Karena daging buah abiu ini lembek dan sedikit berair, maka buah abiu dapat dimakan dengan cara dibelah melintang atau membujur dan biasnaya pada masing-masing buah terdapat 1 sampai 5 biji abiu yang sedikit mirip dengan biji sawo.

Untuk kesehatan, buah abiu sendiri dikenal banyak sekali mengandung vitam A, vitamin B3 dan vitamin C yang snagat baik untuk kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh anda. Selain itu juga, buah abiu merupakan sumber kalori sehat dan serat yang banyak yang mampu melancarkan pencernaan anda dan snagat baik digunakan sebagai makanan pelengkap dalam program diet anda.

Untuk diaerah asalnya, daging buah abiu ini sering sekali digunakan untuk meringankan batuk yang snagat menganggu akibat flu, penyakit bronchitis dan beberapa keluhan pernafasan atau berbagai jenis penyakit yang umumnya akan menyerang paru-paru anda. Sedangkan untuk getah pohon abiu sendiri ternyata dipercaya sebagai obat cacing, menyembuhkan luka bengkak dan bisa digunakan sebagai obat pencahar.


Posted via Blogaway

0 komentar:

Posting Komentar