Selasa, 29 April 2014

Manfaat daun dan biji alpukat

Sebelumnya di artikel lain disini kita telah membahas akan manfaat buah alpukat juga biji buahnya. Namun kali ini kita akan cari tahu manfaat daun alpukat bagi kesehatan yang mana tidak kalah dengan daging dan biji buahnya. Buah alpukat merupakan buah yang digemari kebanyakan orang karena rasanya yang manis dan terasa lembut ketika dikonsumsi. Seringkali orang-orang mengonsumsi buah alpukat untuk dijadikan minuman atau dimakan langsung dengan dicampuri gula dan susu. Akan tetapi sayang jika anda tidak mamanfaatkan daun alpukat juga sebagai penunjang bagi kesehatan tubuh  anda. Oleh karena itu kali ini kita akan membahas tentang manfaat daun alpukat.

Sebelumnya mari kita ketahui lebih lanjut apa saja kandungan yang dimilki oleh daun alpukat itu sendiri. Berikut beberapa kandungan dari daun alpukat:

1. Flavonoid

Kandungan yang dimilki daun alpukat adalah flavonoid.  Flavonoid disini mempunyai peran penting sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Jadi, sepatutnya anda mau memanfaatkan daun alpukat agar anda terhindar dari berbagai penyakit seperti misalnya kanker. Namun, selain manfaat tersebut, kandungan flavonoid daun alpukat juga memberikan manfaat lain.

Berikut beberapa manfaat daun alpukat dari kandungan flavonoidnya:

Daun alpukat berperan sebagai antibiotik.
Daun alpukat juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoroposis.
Daun alpukat juga mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita.
Daun alpukat bermanfaat sebagai pelindung tubuh terutama pada bagian struktur selnya.
Daun alpukat juga bisa dijadikan obat untuk anti-inflamasi.
Selain itu, daun alpukat masih memilki manfaat lain yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh dalam mengatasi berbagai penyakit.

2. Querstin

Daun alpukat juga mengandung querstin yang merupakan kandungan senyawa flavonol terbesar. Querstin disini bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dengan cara mencegah proses peroksidasi lemak dalam tubuh kita. Mungkin kita akan malas mengonsumsi daun alpukat karena rasanya yang pahit, namun rasa pahit disini merupakan manfaat yang bersifat diuretic dalam mencegah tumbuhnya bakteri dalam tubuh kita.

Selain itu, kandungan querstin bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. nyeri lambung dan syaraf, sakit kepala dan juga untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

3. Polifenol

Daun alpukat juga mengandung polifenol yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Hal ini dikarenakan polifenol merupakan senyawa yang termasuk dalam kelompok anti-oksidan. Pada umumnya polifenol terdapat pada beberapa makanan seperti kacang-kacangan, kulit buah dan sayuran.

Berbagai Manfaat Rebusan Daun Alpukat

Untuk itu, kita bisa menyimpulkan betapa banyaknya manfaat daun alpukat dari kandungan-kandungan untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat daun alpukat dalam mengatasi berbagai penyakit serta cara menggunakannya:

1. Mengatasi sakit pinggang
2. Mengatasi tekanan darah tinggi
3. Mengatasi penyakit asma
4. Mengatasi pegal linu
5. Mengatasi sakit perut dan disentri

Jadi sebaiknya anda tidak hanya memanfaatkan buah alpukat saja. Sebab manfaat daun alpukat juga tidak kalah penting bagi kesehatan tubuh kita seperti misalnya mengatasi penyakit-penyakit diatas. Mungkin rasanya akan sedikit pahit daripada buahnya. namun cobalah manfaat daun alpukat sebagai penunjang kesehatan anda

Beragam Manfaat Biji Alpukat Untuk Kesehatan – Seseorang sulit terlepas dari yang namanya buah. Ya, buah memang selalu ada dalam setiap sajian makanan seseorang, entah itu hanya dijadikan camilan saja ataupun pencuci mulut. Salah satu buah yang digemari adalah buah alpukat. Buah alpukat sering dikonsumsi karena rasanya yang manis dan terasa lembut. Biasanya seseorang mengonsumsi buah alpukat untuk dijadikan jus dengan dicampuri susu dan es. Akan tetapi, selain dagingnya, biji alpukat juga bisa dikonsumsi bahkan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi biji alpukat. Jadi ketika anda mengonsumsi buah alpukat, sebaiknya biji alpukat juga anda konsumsi. Hal ini dikarenakan manfaat biji alpukat untuk kesehatan tubuh kita sangatlah baik.

Pembahasan kali akan membahas tentang biji alpukat beserta manfaatnya. Akan tetapi ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal tentang buah alpukat sendiri. Awalnya buah alpukat berasal dari daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Buah alpukat sendiri menyebar di Indonesia pada abad 19 yang pada saat itu dibawa oleh pemerintah belanda. Buah alpukat memilki warna hijau tua dan daging buahnya terasa lembut ketika dikonsumsi. Seringkali orang-orang mengonsumsi buah alpukat dengan dijadikan jus, meskipun ada juga sebagian orang yang mengonsumsi langsung dengan dicampuri gula.

Nah, selanjutnya mari kita bahas manfaat biji buah alpukat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat biji alpukat:

Bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi.
Manfaat biji alpukat juga untuk mengobati sariawan.
Anda juga bisa memanfaatkan biji alpukat untuk mengatasi sakit maag.
Biji alpukat juga berkhasiat untuk menghilangkan nyeri pada tubuh.
Biji alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit diabetes atau kencing manis.
Nah, jadi seharusnya anda tidak membuang biji alpukat saat mengonsumsi buahnya. Namun dari manfaat biji alpukat tidak hanya dengan cara dikonsumsi langsung, ada cara lain dalam mengonsumsi biji alpukat untuk mendapatkan manfaatnya. Biji alpukat bisa dijadikan kapsul atau dengan meminum sarinya. Selain manfaat biji alpukat untuk kesehatan, biji alpukat bisa dijadikan pewarna pada industri tekstil. Bahkan biji alpukat ini dipercaya memberikan warna yang tidak mudah luntur atau tahan lama.

Beragam Manfaat Dari Biji Alpukat

Selanjutnya mari kita bahas tentang cara-cara mengolah biji alpukat untuk mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa cara dalam mengolah biji alpukat:

1. Sebagai obat tradisional mengatasi penyakit maag.
2. Mengatasi penyakit diabetes mellitus
3. Biji alpukat dijadikan kapsul



Posted via Blogaway

0 komentar:

Posting Komentar