Kamis, 27 Maret 2014

Buah burahol yang bermanfaat

Buah burahol juga dikenal dengan sebutan buah kepel. Dahulunya buah burahol ini digemari oleh para putri keraton, namun kini keberadaannya sudah sangat langka. Buah burahol ini memiliki nama ilmiah Stelechocarpus burahol.

Buah burahol ini adalah merupakan identitas dari provinsi DI Yogyakarta. Sehingga tak jarang dahulunya putri keraton banyak yang mengkonsumsinya. Untuk pohon burahol sendiri memiliki tinggi mencapai 25 m dengan diameter batang sekitar 40cm. Kulit batangnya memiliki banyak benjolan yang nantinya akan menjadi tempat buah dan bunga dari buah burahol ini.
Sedangkan daunnya berwarna hijau gelap dan meruncing dengan panjang sekitar 12-27 cm dengan lebar 5-9 cm. Buah burahol ini tumbuh memenuhi batang pohonnya. Jika Anda belum pernah melihatnya, buahnya berbentuk bulat lonjong dan dibagian pangkalnya meruncing. Buah burahol ini memiliki warna coklat agak keabu-abuan dan berubah menjadi coklat tua ketika sudah masak dan rasanya cukup manis.

Daging buah burahol ini berwarna kekuningan hingga kecoklatan yang membungkus bijinya yang relatif cukup besar. Buah burahol ini sendiri dari daging, biji hingga akar kepelnya mengandung saponin, flavonoida dan polifenol.

Buah burahol ini memiliki manfaat untuk menghilangkan bau badan. Selain itu buah inijuga dapat mencegah inflamasi ginjal, serta memperlancar air kencing. Daun dari pohon berahol ini dapat digunaan untuk mengobati asam urat dan juga menurunkan kolesterol dalam darah.


Posted via Blogaway

0 komentar:

Posting Komentar