Jumat, 28 Maret 2014

Apa itu buah kepel?

KEPEL (Stelechocarpus Burahol) Sudah pernahkah anda mendengar tanaman Kepel ataupun buah Kepel? Aneh ya? Lebih aneh lagi, karena kita kok baru tahu sekarang... Bahkan, hampir sebagian besar bangsa kita tidak mengenal tanaman ini. Setiap kali saya memperkenalkan tanaman ini kepada teman-teman dan saudara-saudara, mereka umumnya mengatakan baru pertama kali mendengar jenis tanaman ini. Padahal, tanaman ini adalah tanaman asli Indonesia! Bahkan di beberapa forum diskusi di luar negeri, para penggemar tanaman langka sudah mengatetahui tanaman ini dan men-trade mark-kan tanaman ini sebagai tanaman asli Yogyakarta atau Kraton Yogyakarta! Bukan lagi merujuk pada asal negara, tetapi sudah spesifik ke nama daerah.

Daun
Tanaman kepel termasuk ke dalam tanaman yang mudah beradaptasi dengan lingkungannnya, tidak cepat stress. Apabila kondisi lingkungannya kurang mendukung, tanaman hanya akan mengalami stagnasi pertumbuhan, namun demikian hebatnyanya daun tanaman ini tidak mudah rontok. Bila kondisi lingkungan sudah mendukung, maka tanaman ini akan bersemi, yang dicirikan dengan keluarnya daun-daun muda yang berwarna hijau terang dan mengkilap (umumnya daun muda ini di Yogyakarta dimakan sebagai lalapan/urap). Setelah beberapa hari (kurang lebih 1-2 minggu) daun akan berwarna hijau gelap. Daun yang sudah tua inilah yang biasanya digunakan sebagai bahan pengobatan. Caranaya rebus 5 atau 7 lembar daun yang sudah tua, rebus dengan 1,5 liter, sisakan hingga 1/3 nya. Diamkan 3-5 jam, minum dalam jangka waktu satu hari. Sebaiknya jangan diminum setelah 1 hari (24 jam), karena setelah waktu tersebut air akan berlendir, dikhawatirkan air memberi efek sebaliknya.

Tanaman Kepel, atau yang biasa juga disebut Burahol di daerah Jawa Barat, memiliki manfaat yang sangat luar biasa dan tidak dimiliki oleh tanaman herbal lain pada umumnya.

Manfaat daun tanaman Kepel diantaranya :
1. Mengobati asam urat
2. Mengobati dan memperlancar air seni
3. Mengobati dan memperlancar sewaktu susah buang air besar
4. Mengobati panas dalam
5. Mengobati sariawan

Posted via Blogaway


Posted via Blogaway

0 komentar:

Posting Komentar