Jumat, 04 Juli 2014

Manfaat buah cokelat bagi kesehatan

cokelat ternyata begitu beragam dan begitu dahsyat bagi kesehatan. Padahal, yang banyak kita tahu adalah coklat merupakan salah satu makanan perusak gigi terutama bagi anak-anak. Namun, banyak produk coklat yang tidak memberikan manfaat optimal dan akan lebih baik jika anda mengkosumsi kakao secara langsung. Tetapi di balik itu, coklat masih mengandung manfaat yang begitu banyak lho. Simak penjelasannya di dalam artikel ini.

Antioksidan tinggi

Kakao mengandung flavanols, sejenis flavanoid yang hanya ditemukan di kakao dan cokelat. Flavanoids merupakan sebuah senyawa dalam makanan nabati yang bertindak sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Tekanan Darah

Coklat hitam telah ditunjukkan dalam studi dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Anti-Depresan alami

Cokelat mengandung serotonin, alami anti-depresan. Cokelat juga merangsang produksi endorphin, yang menciptakan perasaan kebahagiaan dan kesenangan. Bahkan, satu studi menemukan bahwa pencairan cokelat di mulut menghasilkan perasaan senang lebih lama dari ciuman yang penuh gairah. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa banyak orang secara alami meraih cokelat ketika mereka depresi.

Kanker

Beberapa penelitian telah menemukan cokelat menjadi salah satu makanan pelawan kanker terbaik bersama dengan makanan seperti anggur merah, blueberry, bawang putih, dan teh. Cokelat bekerja sebagai pelawan kanker dengan menghambat pembelahan sel dan mengurangi peradangan kanker.

Gigi

Penelitian telah menemukan bahwa theobromine dalam cokelat dapat mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan streptokokus mutans, bakteri yang ditemukan di rongga mulut yang memberikan kontribusi terhadap kerusakan gigi.

Kaya akan magnesium

Kakao merupakan makanan yang tinggi akan magnesium, sebuah mineral penting yang membantu dalam regulasi pencernaan, saraf, dan sistem kardiovaskular. Karena banyak orang yang kekurangan magnesium, dengan menambahkan magnesium dari coklat tentu dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Arteri

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan di kakao bekerja seperti sapu yang menyapu bersih plak di arteri.

Kesehatan Otak

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa coklat hitam baik untuk otak. Para peneliti di Johns Hopkins University menemukan bahwa makanan ini dapat melindungi otak setelah stroke dengan melindungi sel-sel saraf dari kerusakan lebih lanjut. Dark chocolate juga telah ditemukan dapat digunakan untuk meningkatkan memori. Para peneliti di California Institute Salk menemukan bahwa bahan kimia dalam coklat yang disebut epikatekin mampu meningkatkan memori tikus.


Posted via Blogaway

0 komentar:

Posting Komentar