Senin, 14 Juli 2014

Manfaat Buah Sukun

Buah yang termasuk dalam keluarga moraceae yang seringkali disebut sebagai breadfruit atau buah roti tentu kita sudah mengetahui buah sukun, biasanya kita mengolahnya dengan cara merebus, digoreng atau dijadikan keripik. Sukun merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di dataran rendah yang panas. Sudah sejak dulu bahwa sukun terutama dibagian daunnya banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit hati, imflamasi, ginjal, jantung, sakit gigi, dan juga gatal-gatal. Akar dan batangnya juga dapat digunakan untuk pengobatan penyakit hati dan hipertensi. Buah sukun dapat dikonsumsi sebagai pengganti beras, buah sukun yang telah dimasak cukup bagus sebagai asupan vitamin A, vitamin B komplek, namun miskin akan vitamin C.

Khasiat Buah Sukun

Dalam buah sukun juga memiliki kandungan mineral Ca dan P yang lebih baik dibandingkan dengan kentang. Nilai gizi dari sukun juga tidak kalah dengan makanan pokok lainnya, sehingga sukun bisa dijadikan alternatif bahan pangan pokok di Indonesia. Buah sukun juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada tingkat yang aman karena mempunyai indeks glikemik.

Hampir keseluruhan dari buah sukun dapat dimanfaatkan, seperti daun sukun yang warnanya telah kuning dapat dibuat sebagai minuman untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi dan kencing manis. Karena mengandung phenol, quercetin, dan champorol yang juga dapat digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengobati kulit yang gatal atau bengkak. Buah sukun juga berkhasiat untuk mengobati penyakit ginjal, terutama pada bagian daunnya. Kadar kandungan kimia yang terdapat pada daun yang sudah tua akan lebih maksimal. Selain itu buah sukun juga berkhasiat untuk penyakit liver.

Khasiat Buah Sukun

Buah sukun juga berkhasiat untuk anda yang sedang melakukan diet, karena memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi bahkan di bandingkan dengan beras, namun kalori dalam buah sukun sangat rendah sehingga cocok di konsumsi untuk anda yang sedang melakukan diet. Dan ekstrak dari daun sukun dapat mengatasi gumpalan rombosit yang dapat menghambat peredaran darah dalam jantung, karena ekstrak daun sukun mengandung betasitosero dan flavanoid. Sekian ulasan tentang Khasiat Buah Sukun, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda semua.


Posted via Blogaway

0 komentar:

Posting Komentar