Sabtu, 19 Juli 2014

Manfaat Buah Srikaya


Buah yang memiliki rasa manis ini merupakan tanaman perdu yang bisa tumbuh di daerah mana saja seperti tanah berbatu, kering, di pekarangan, dan bahkan tanpa di tanam atau dibiarkan saja tanaman ini juga akan bisa hidup asal terkena sinar matahari yang cukup.

Buah yang memiliki nama ilmiah Annona squamosa ini memiliki ciri-ciri buah berbentuk bulat dan memiliki sisik atau tonjolan di bagian kulitnya seperti buah sirsak, daging buahnya putih, dan rasanya manis. Buah srikaya ini akan mulai berbuah setelah berusia 3-5 tahun dan bisa mencapai ketinggian kurang lebih 8 meter.

Bukan hanya pada daging buahnya saja yang bisa dimanfaatkan akan tetapi hampir seluruh bagian tanaman ini bisa dipakai mulai dari daun, buah, biji, akar, hingga kulit kayu nya.

Berikut beberapa manfaat buah srikaya bagi kesehatan
DaunDaun srikaya memiliki sifat dingin serta rasanya pahit dan sepet. Bisa digunakan untuk mengobati rematik, batuk, demam, diare, cacingan, disentri, menghilangkan kutu pada kepala, menyembuhkan borok, luka, bisul atau abses, scabies, eksema, dan kudis.

Buah
Buahnya yang masih muda ternyata mengandung tannin yang bisa digunakan untuk mengobati diare, gangguang pencernaan, dan disentri yang sudah akut.

Biji
Biji buah srikaya bisa membantu untuk memacu enzim pencernaan, anthelmintik, abortivum, dan bisa untuk insektisida ( pembunuh serangga).

Akar
Banyak sekali kandungan yang ada dalam akar srikaya ini, misalnya seperti borneol, flavonoida, camphor, alkaloid anonain, terpene, saponin, polifenal, dan tannin. Memiliki manfaat sebagai obat anti radang, anti depresi, mengatasi sembelit, nyeri tulang pada punggung, dan disentri akut.

Kulit kayu
Bisa dipakai untuk mengobati disentri, diare, dan luka berdarah karena kulit kayu nya memiliki kandungan senyawa seperti borneol, flavonoida, camphor, alkaloid anonain, dan terpene.
Selain itu manfaat buah srikaya juga bisa dipakai untuk kecantikan karena buah srikaya memiliki kandungan vitamin C sebagai anti oksidan yang membantu melawan serangan radikal bebas.

Berikut beberapa penyakit yang dapat diobati tanaman sri kaya:
Bisul keras dan borok
Mematangkan bisul
Membunuh kutu pada kepala
Anak cacingan
Gangguan pencernaan
Diare
Kudis


Posted via Blogaway

0 komentar:

Posting Komentar