Jumat, 20 Juni 2014

Manfaat Buah Jambu Bol untuk kesehatan

Manfaat Buah Jambu Bol

Manfaat Buah Jambu Bol - Jambu Bol dipercaya dapat mengatasi sembelit, diabetes, batuk, sakit kepala, dan radang selaput lendir pada saluran napas.

Sedangkan biji, kulit kayu, dan daunnya memiliki sifat antibiotika dan memiliki efek terhadap tekanan darah dan pernapasan.

Air seduhan kulit kayu pohon jambu bol dapat meredakan sariawan, sedangkan bubuk dari daun keringnya bisa mengatasi luka di lidah. Akarnya digunakan untuk mengobati gatal-gatal. Juga bersifat diuretik dan dapat mengatasi bengkak, meredakan disentri, peluruh haid dan bersifat abortif (penggugur).

Air seduhan daun, buah, dan bijinya dipakai untuk mengatasi demam. Jus daun mudanya digunakan sebagai pelembab kulit.

Seluruh bagian pohon jambu digunakan untuk mengobati sembelit, diabetes, batuk, sakit kepala, dan radang selaput lendir pada saluran napas. Biji, kulit kayu, dan daunnya menunjukkan aktivitas antibiotika dan memiliki efek terhadap tekanan darah dan pernapasan.

Jus daun jambu di Samoa digunakan untuk mengobati infeksi mulut. Ekstrak kulit kayunya digunakan untuk infeksi tenggorokan, sakit perut, daan gangguan lain pada pencernaan.

Kandungan Nutrisi atau gizi pada buah Bol

Buah jambu bol cukup banyak kandungan gizinya, ini hampir sama seperti jambu-jambu lainnya yang sejenis seperti jambu air, jambu semarang atau jambu cincalo. Kandungan dari nutrisi ada energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitami C. untuk lebih jelasnya anda bisa lihat di bawah, ini merupakan kandungan dari buah jambu bol per 100 gram.

Energi = 56 kkal
Protein = 0,6 gr
Lemak = 0,3 gr
Karbohidrat = 14,2 gr
Kalsium = 29 mg
Fosfor = 16 mg
Zat Besi = 1 mg
Vitamin A = 130 IU
Vitamin B1 = 0,02 mg
Vitamin C = 22 mg
Manfaat dan Khasiat buah jambu bol

Buah ini sangat nikmat bila dimakan masih segar, buah jambu bol ini biasanya untuk sajian buah meja dan bisa juga untuk cuci mulut setelah makan.  Buah jambu bol ini juga bisa diolah sebagai manisan, bahan campuran rujak dan aneka jenis lainnya, tergantung kreatifitas anda dalam mengolah.

Buah jambu bol memiliki rasa yang enak bila sudah masak, pada umumnya semua orang suka dengan rasanya. Di samping itu buah ini juga berkhasiat untuk mengobati sariawan dan kayunya dapat dimanfaatkan untuk papan atau rumah, agar bisa awet usahakan kayu jangan terkena tanah atau air.

Bubuk dari daun buah jambu bol dapat berkhasiat untuk mengatasi luka di lidah agar cepat kering. Akar dari daun buah jambu bol digunakan untuk mengobati gatal-gatal. Juga  memiliki sifat diuretik yang dapat mengatasi bengkak, meredakan disentri.

Di Kamboja air seduhan daun, buah, dan bijinya dipakai untuk mengatasi dan meredakan demam. Jus daun mudanya juga digunakan sebagai pelembab pada kulit.

Di Negara Brasil, seluruh bagian dari pohon jambu bol dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti  sembelit, batuk, diabetes, sakit kepala, dan radang selaput lendir pada saluran napas.

Satu lagi yaitu di Samai, bila daun jambu dibuat Jus, ini bisa mengobati infeksi mulut. Sedangkan ekstrak kulit kayunya digunakan untuk infeksi tenggorokan, sakit perut, dan gangguan lain pada pencernaan di dalam tubuh.


Posted via Blogaway

0 komentar:

Posting Komentar