Selasa, 24 Juni 2014

Manfaat Gandum untuk kesehatan


Manfaat gandum telah dikenal sebagai makanan yang sehat yang sangat dianjurkan, terutama sebagai bahan makanan pokok untuk dikonsumsi setiap hari. Gandum memang terbilang jenis karbohidrat yang berguna sebagai makanan utama layaknya nasi putih kita konsumsi. Di indonesia kebiasan untuk menyantap nasi putih sebagai makanan pokok sudah mendarah daging, tapi sebenarnya gandum juga merupakan alternatif makanan pokok yang baik, berikut ini ulasan selengkapnya.

Manfaat Gandum Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat gandum yang kita ketahui ini bekerja seperti manfaat nasi yang kita konsumsi setiap hari namun, jenis kandungannya sedikit berbeda. Gandum merupakan jenis karbohidrat komplek dengan kandungan yang hampir menyerupai manfaat beras merah. Sumber karbohidrat komplek disebut lebih ramah untuk tubuh karena kalorinya yang tidak mudah terserap menjadi cadangan gula pada tubuh. Kadar gula yang berlebih dan terus menumpuk tersebut akan mengakibatkan resiko dikemudian hari seperti terjadinya gejala penyakit diabetes.
Gandum yang banyak diproduksi menjadi produk makanan seperti roti, sereal oatmeal ini terbagi menjadi dua yaitu gamdum utuh dan gandum sosoh. Jenis gamdum utuh mengandung nutrisi yang melimpah seperti vitamin. serat, protein dan antioksidan yang bisa kita peroleh seutuhnya. berbeda dengan gandum sosoh yang telah mengalami pengelupasan selaputnya sehingga seratnya menjadi berjurang. Sebagai makanan pokok diberbagai negara, gandum merupakan jenis karbohidrat yang tinggi serat sehingga menyehatkan pencernaan yang dianggap lebih baik dari jenis karbohidrat lain.

Manfaat Gandum Untuk Diet Sehat
Berbagai program diet yang dijalankan oleh sebagaian orang, bertujuan untuk menurunkan berat badan agar lebih ideal, untuk hal tersebut banyak yang menggunakan manfaat gandum dalam mensukseskan program dietnya tersebut. Gandum yang telah diolah menjadi roti ataupun oatmeal ini bisa dikombinasikan dengan beragam sayuran dan manfaat susu low fatt pada pola makannya. Berbagai jenis cemilan yang berasal dari gandum juga sudah banyak kita dapatkan seperti biskuit gandum dengan selai buah. Berikut ini menu makanan untuk yang ingin mencoba manfaat gandum untuk diet :
Sarapan pagi : 2 lembar roti gandum dengan fillet dada ayam,
Makan siang : Nasi merah dengan kombinasi berbagai sayuran (sup brokoli atau asparagus)
Makan malam : Susu low fatt dengan beberapa keping biskuit gandum


Posted via Blogaway

0 komentar:

Posting Komentar